Home Uncategorized Unika FC gilas PMC 5-0 di Liga Askot 2022

Unika FC gilas PMC 5-0 di Liga Askot 2022

0
Unika FC gilas PMC 5-0 di Liga Askot 2022

 

SEPAKBOLASEMARANG.COM: Unika FC mengungguli PMC dengan skor 5-0 pada kompetisi lanjutan Liga Askot Semarang 2022 yang digelar di Lapangan Zebra, Pedurungan Semarang, Jumat 30 September 2022.

Sejak kick off yang dimulai pukul 15.30 itu pasukan ungu-putih Unika FC langsung menggebrak barisan PMC yang turun dengan seragam hijau-hijau.

Hanya butuh waktu kurang dari 5 menit, Unika mampu menjebol gawang PMC. Ridho, pemain Unika bernomor punggung 14  lepas dari pengawalan barisan pertahanan lawan sehingga dapat menjaringkan bola ke gawang PMC yang dijaga kiper Andy Ryan. Skor 1-0 untuk Unika.

Ketinggalan angka, PMC meningkatkan tekanan ke pertahanan Unika. Namun skema 4-3-3 yang diterapkan mengamankan lini belakang Unika. Shofian, Ian NUr, Gregorius dan Firman menjadi tembok kokoh.

Sejumlah intersep apik dilakukan 4 bek Unika tersebut, sehingga serangan PMC pun kandas. Beberapa peluang yang sempat diciptakan PMC di depan gawang Unika juga tak membuahkan gol. Evelino, striker PMC bernomor punggung 10 juga tak mampu mengonversi umpan rekan-rekannya karena ditempel ketat oleh barisan belakang Unika.

Pertarungan nampak berimbang, namun Unika secara bertahap mampu meningkatkan tekanan melalui sisi kanan lapangan. Di menit ke 32 Irvanda pemain Unika bernomor 7, secara tiba-tiba melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Tendangan lambung yang melengkung ke bawah persis menderu di pojok kanan atas tiang jauh gawang PMC. keududukan 2-0 tak berubah hingga turun minum.

Tak puas dengan 2 gol, Sukatno pelatih kepala Unika FC merubah strategi dengan skema 3-4-3. Ia mendorong Firman dari wing bek kanan untuk maju memperkuat lini tengah yang dimotori pemain nomor 8, M Agung.

Strategi ini membuahkan gol kilat. Babak kedua baru berjalan 2 menit, M Agung mencetak gol ke 3 bagi Unika. Ia menusuk dari tengah untuk memanfaatkan kemelut yang diciptakan para pemain depan Unika di depan gawang PMC.

Tiga menit kemudian Gunawan meningkatkan keunggulan menjadi 4-0. Melalui sundulan yang apik. Pemain Unika bernomor 17 ini memanfaatkan umpan lambung rekannya dari sisi kanan. 

Perubahan strategi yang diterapkan Unika berdampak signifikan, tekanan yang dibangun dari lapangan tengah memaksa para pemain PMC menarik diri di jantung pertahanan. Permainan babak kedua nyaris hanya setengah lapangan. Transisi yang cepat, membuat kiper Unika Dionius hanya sesekali saja kebagian bola.

Menjelang  bubaran Unika masih menambah 1 gol lagi melalui Arkan pemain depan bernomor 11, setelah pasukan merah muda itu bekerjasama melalui umpan-umpan pendek di depan gawang PMC.

Pelatih Kepala Uika FC, Sukatno mengaku puas dengan kinerja anak-anak asuhnya di atas lapangan. Meski begitu, ia meminta para pemain untuk terus bersiap menghadapi 3 sisa pertandingan berikutnya.

“Apa yang kita capai di lapangan tadi semua merupakan buah dari hasil latihan, Jadi saya minta anak-anak ke depan semuanya hadir pada saat latihan,” tegasnya.

Sebenarnya, Sukatno menjelaskan, materi pemain Unika FC yang turun kali ini relatif berkurang, akibat 4 pemain andalan berpindah klub ke Mahesa Jenar FC dan Bhayangkara FC untuk dipersiapkan masuk dalam skuad menghadapi kompetisi liga 3.

Dia menegaskan, semula manajemen Unika FC menargetkan klub milik Universitas Katolik Soegijapranata itu bisa bertahan di liga 1 Askot, tetapi dengan melihat perjalanan selama 3 pekan ini, Sukatno optimis Unika mampu berada di peringkat papan atas.

Saat ini pada klasemen sementara Unika FC berada di posisi 3, dibawah USM di posisi 1 dan Undip di posisi 2.

Liga Askot 2002 merupakan kalender rutin yang digelar Asosiasi Kota (AskotPSSI Semarang. Untuk tahun ini kompetsi U-20 itu sudah dimulai Kamis 11 Agustus.

Liga Askot Tahun ini diikuti oleh 24 tim sepak bola yang terdiri dari 11 tim di Liga 1 dan 13 di Liga 2. Pertandingan berlangsung selama 3 bulan dengan 5 venue, yakni Lapangan Citarum, Lapangan Sambiroto, Lapangan Kalimas, Lapangan Pongangan, dan Lapangan Zebra.

Susunan pemain:

Unika FC: Dionius (30), M. Arie (5), Shofiyan (15(, Ian Nur (2), M. Rizky (10), Irvanda (7), M. Agung (8), Gregorius (19), Ridho (14), Firman (16), Arkan (11). Cadangan: Rivan (1), Bagas (12), Sahal (21), Zaki (18), Sony (3), Abigail (6), Gunawan (17)

PMC: Andy Ryan (30), Pamungkas (6), Pandu (9), Arya (15), Nur (22), Aris (5), Ryan (7), Evelino (10), Bagas (19), Alif (8), Gabriel (21). Cadangan: Mirza (1), Satria (2), Meka (4), Pallah (13), Tjan (24), Gilang (25), Amel (23).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here