Home Uncategorized Jelang bentrok besok: PSIS Optimis, Borneo Realistis

Jelang bentrok besok: PSIS Optimis, Borneo Realistis

0

Penulis Agus Jogzer

SEMARANG, SEPAKBOLASEMARANG.COM – PSIS Semarang dan Borneo FC menyatakan kesiapannya menghadapi laga terakhir seri 2 Liga 1 BRI yang dijadwalkan berlangsung pada Sabtu 6 November 2021 sore.

Bentrok PSIS kontra Borneo akan digelar pada pekan ke 11 di Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Meski kedua tim berada di peringkat yang jauh beda, namun PSIS maupun Barito mengaku sudah mengantongi strategi untuk merebut 3 poin dalam pertandingan tersebut.

PSIS sempat bertengger di puncak singgasana klasemen sementara liga 1 BRI 2021, tetapi tergelincir setelah dikalahkan Persib Bandung dengan skor tipis 1-0.

Bahkan, Laskar Mahesa Jenar kini melorot di posisi keempat klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022 dengan perolehan 19 poin dari hasil lima kemenangan, empat hasil seri, serta satu kekalahan.

Sedangkan Borneo kini berada di peringkat 14 dengan poin 10 yang diperoleh dari hasil 2 kali menang, empat seri dan empat kali kalah.

Sementara pimpinan klasemen sementara saat ini diambil alih Persib Bandung setelah mengantongi 25 poin, pasca mengandaskan Persela Lamongan 3-1 pada laga ke 11, Kamis 4/11/2021.

Bhayangkara FC harus tergelincir di peringkat 2 dengan 25 poin, disusul Arema FC dan PSIS Semarang diperingkat 3 dan 4 masing-masing mengantongi 19 poin.

Tiga tim dibawah PSIS meraih 16 poin, masing-masing Bali United di peringkat 7, Persebaya  6 dan PSM Makasar 8.

PSIS Optiimis

Menghadapi laga kontra Borneo di penghujung pekan ini, Kapten tim PSIS Semarang, Wallace Costa optimis Laskar Mahesa Jenar mampu meraih poin 3.

“Kuncinya kami harus fokus, percaya diri dan berusaha untuk dapat mempersembahkan kemenangan melawan Borneo FC,” ujar Costa dilansir dari laman resmi PSIS, Kamis 4 November 2021 sore.

Menurut dia, PSIS punya pemain yang cukup bagus dan komponen tim yang kompak, itu modal yang cukup baik dan saling membantu selama di lapangan serta tidak saling menyalahkan.

Costa yang bermain diposisi bek tengah ini juga menambahkan bahwa PSIS harus mampu menutup seri kedua ini dengan kemenangan untuk menjaga posisi Laskar Mahesa Jenar di papan atas BRI Liga 1 2021/2022.

“Kami harus menang untuk mengamankan posisi di klasemen. Dua pertandingan sebelumnya kami yang sudah bekerja keras belum mampu memberi hasil terbaik sehingga besok harus kami menangkan,” sambung Costa.

Borneo realistis

Sementara itu para pemain Birneo mencoba besikap realistis menghadapi pertandingan melawan PSIS. Terlebih jika melihat Laskar Pesut Etam belakangan sedang diterpa rentetan hasil tidak bagus dalam beberapa pertandingan terakhir.

Meskipun dari sisi permainan dan kinerja di lapangan, saat bertemu PSS Sleman para pemain Borneo sudah menunjukkan dominasi penguasaan bola, namun selalu gagal memberikan yang terbaik. 

” Kami tidak mau berada dalam kondisi seperti ini terus menerus. Pertandingan yang lalu harus kami lupakan. Sekarang kami fokus untuk pertandingan berikutnya,” ujar M Sihran Amarullah pemain sayap kanan Borneo FC, dilansir dari laman resmi Borneo FC 4 November 2021.

Menurut Sihran, laga di pekan 11 tersebut jelas bukan hal mudah. Di atas kertas, PSIS sudah pasti lebih diunggulkan jika acuannya adalah peringkat.  Namun Sihran dan pemain lainnya coba mengembalikan kepercayaan diri mereka jelang pertandingan Sabtu besok. 

Disinggung tentang tim Mahesa Jenar – julukan PSIS – Sihran mengaku akan dibutuhkan kerja sangat keras untuk memenangkan pertandingan. Sebab tim lawan sangat kuat dalam organisasi permainan. Kekompakan di lapangan disebutnya jadi senjata utama PSIS.

“Kekuatan PSIS terletak pada kekompakannya. Mereka bermain sebagai unit tim. Ini yang harus jadi perhatian serius kami. Bukan lawan mudah melawan mereka tapi kami harus yakin bisa berbuat lebih,” pungkasnya.

Rekor 2 tim

Jika melihat rekor pertemuan kedua tim laga PSIS kontra Borneo bakal menyajikan partai menarik. Diatas kertas kondisi PSIS saat ini lebih unggul, namun dari sejarah pertemuan keduanya Borneo berada diatas angin.

Dalam lima laga terakhir, PSIS Semarang memperoleh 1 kali menang dan 3 kali kalah, sedangkan Borneo FC  3 kali kemenangan dan 1 kali kalah. Pertemuan terakhir kedua tim di tahun 2019 berakhir seri. ***

Berikut rekor PSIS vs Borneo dalam 5 pertemuan terakhir:

10/7/2019: Borneo FC 2-0 PSIS Semarang, (Liga 1)

10/11/2018: Borneo FC 2-0 PSIS Semarang, (Liga 1)

6/6/2018: PSIS Semarang 1-0 Borneo FC, (Liga 1)

27/2/2018: Borneo FC 2-0 PSIS Semarang, (Piala Gubernur Kaltim)

26/10/2019 Borneo FC 2-2 PSIS Semarang (Liga 1)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here